Jurusan MKS UIN Bandung Raih Akreditasi Unggul dari BAN-PT

(UINSGD.AC.ID) — Jurusan Manajemen Keuangan Syariah (MKS) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) meraih akreditasi unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung Prof. Dr. H. Rosihon Anwar, M.Ag menyampaikan ini berdasarkan Surat Keputusan Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT No. 4253/SK/BAN-PT/Ak.Ppj/S/X/2023 yang berlaku sejak tanggal 17 Oktober 2023 sampai 17 Oktober 2028.

Atas capaian yang membanggakan kampus tercinta ini, Rektor mengucapkan rasa syukur yang sebesar-besarnya. Satu persatu Prodi UIN Bandung terakreditasi Unggul. “Hari ini giliran Prodi Manajemen Keuangan Syariah (MKS) terakreditasi Unggul. Tentu saja banyak pihak yang punya andil. Terima kasih Pak Dekan FEBI, Dr. Dudang Gojali beserta jajarannya, terutama Kaprodi MKS dan Sekjurnya. Tentu saja juga team borang. Terima kasih juga para warek, LPM, LP2M, Pusat Karir, dan semua team yang terlibat. Kita tapaki tahap menuju 75 persen prodi terakreditasi Unggul. Jazakumullah,” tegasnya, Kamis (19/10/2023).

Selain Jurusan MKS, yang sudah mendapatkan akreditasi unggul, diantaranya, Prodi Administrasi Publik, Teknik Informatika, Pendidikan Agama Islam.

Sebelumnya, telah dilakukan Asesmen Lapangan (AL) Prodi MKS dengan menghadirkan tim asesor BAN-PT: Dr. H. Muhammad Fakhri Husen, SE, M.Si (UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta)) dan Dr. Busriyanti , M.Ag (UIN Kiai Haji Achmad Sidiq, Jember) yang digelar secara hybrid di Aula FEBI UIN Bandung, Rabu-Kamis (27-28/09/2023).

Akreditasi Unggul adalah peringkat akreditasi tertinggi yang diperoleh perguruan tinggi atau program studi yang memenuhi kriteria akreditasi dari BAN-PT.

Dekan FEBI, Dr. H. Dudang Gojali, M.Ag menegaskan akreditasi menjadi bukti atas tonggak keunggulan akademik di lingkungan kampus.

“Mudah-mudahan dengan mendapatkan akreditasi unggul dari BAN-PT ini menjadi modal bersama untuk terus berbenah, meningkatkan kualitas SDM, mutu pendidikan Islam, terutama dalam membangkitkan ekonomi Islam. Artinya harus bergaris lurus dengan unggul dalam pelayanan dan prestasi sampai dirasakan oleh mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan,” jelasnya.

Dekan FEBI berharap akreditasi unggul ini menjadi ikhtiar bersama civitas akademika UIN Sunan Gunung Djati, “dalam rangka menyiapkan generasi hebat yang siap menyongsong masa depan lebih baik, bermanfaat bagi agama, bangsa dan negara,” tandasnya.

Ketua Jurusan MKS, Dr. H. Dadang Husen Sobana, M.Ag. menuturkan “Alhamdulillah, perjuangan tim siang malam yang tidak sia-sia, cukup melelahkan, namun ending-nya membahagiakan. Mulai dari memperbaiki data di PDDIKTI di satu tahun terakhir, membuat borang dan menunggu sampai persiapan kelengkapan berkas untuk Asesmen Lapangan (AL), hingga melengkapi permintaan data tambahan dari asesor saat Asesmen Lapangan yang mesti diselesaikan hari itu juga, hingga tim menyelesaikan nya hingga larut malam. Tentunya kami merasa bangga dan bahagia atas capaian ini, kami bisa mempertahankan yang sebelumnya menurut regulasi lama terakreditasi A dan sekarang Unggul dengan kriteria dan regulasi baru,” ujarnya.

Ucapan terimakasih atas capaian Unggul ini, tak lupa kami sampaikan yang tak terhingga pada Rektor, Wakil Rektor, Dekan dan Wakil Dekan FEBI, Sekretaris Jurusan MKS yang dulu, Bu Neneng Hartati dan yang sekarang Bu Vemy Suci Asih, Ketua dan jajaran LPM , para dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa dan alumni MKS, para pengguna lulusan yang sudah terlibat dan dilibatkan baik dalam proses maupun saat asesmen lapangan.

“Kami sadar tanpa keterlibatan, support dan doa dari semuanya capaian Unggul akan sulit diwujudkan. Oleh karena itu kami atas nama keluarga besar jurusan Manajemen Keuangan Syariah menghaturkan jazakllah ahsanal jazaa. Semoga menjadi investasi dan amal baik untuk semuanya. Sekaligus mohon support, dukungan dan doa juga dari semuanya. Mudah-mudahan kami di jurusan bisa dan mampu utuk menjaga serta merawat capaian ini agar terus memberikan yang terbaik pada mahasiswa yang sedang belajar dengan keunggulan dan distingsi yang dimilikinya,” pungkasnya.

About the Author

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

You may also like these

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x