4 Program Studi UIN Sunan Gunung Djati Bandung Terakreditasi Internasional FIBAA

Sesuai dengan keputusan Komite Akreditasi dan Sertifikasi FIBAA (Foundation for Internasional Business Administration Accreditation) empat Program Studi di lingkungan UIN Sunan Gunung Djati Bandung meraih akreditasi internasional dari FIBAA.

Keempat Program Studi itu, Pendidikan Islam (PI S3), Hukum Ekonomi Syariah (HES S2), Komunikasi Penyiaran Islam (KPI S2) dan Studi Agama-agama (SAA S2).

FIBAA adalah lembaga penjaminan mutu internasional berbasis Eropa yang berspesialisasi dalam administrasi bisnis, manajemen, dan bidang terkait.

Akreditasi internasional FIBAA merupakan salah satu standar kualitas pendidikan tinggi yang diakui secara global. Proses akreditasi ini meliputi penilaian dokumen, wawancara dengan berbagai pemangku kepentingan, kunjungan lapangan, dan evaluasi laporan.

FIBAA, lembaga akreditasi internasional yang berbasis di Jerman, memberikan pengakuan kepada empat Program Studi di UIN Bandung berikut:
Pertama, Program Studi Pendidikan Islam (S3)
Program studi ini diakui oleh FIBAA karena pendekatannya yang holistik terhadap pembelajaran Pendidikan Islam yang mencakup aspek internasional dan keterampilan kepemimpinan.
Kedua, Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (S2)
Keberhasilan Program Studi Hukum Ekonomi Syariah UIN Bandung dalam meraih akreditasi internasional menunjukkan standar keunggulan dalam Pendidikan hukum ekonomi syariah.
Ketiga, Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam (S2)
FIBAA memberikan pengakuan atas kualitas pendidikan komunikasi penyiaran berbasis ajaran Islam, mempertimbangkan kurikulum yang relevan dan integrasi pengetahuan di bidang komunikasi.

Keempat, Program Studi Studi Agama-Agama (S2)

Keunggulan dalam program studi ini terbukti dengan akreditasi internasionalnya, mencerminkan kompetensi dalam pengajaran dan riset dalam studi agama-agama dan pemahaman mendalam terhadap aspek inklusifitas keyakinan.
Rektor UIN Bandung, Rosihon Anwar, menyatakan kebanggaannya atas pencapaian ini, “Akreditasi internasional dari FIBAA adalah pengakuan atas dedikasi dan upaya bersama dalam mencapai standar pendidikan tinggi yang tinggi. UIN Bandung akan terus berkomitmen untuk memberikan pendidikan bermutu tinggi yang relevan secara global,” tegasnya, Rabu (13/12/2023).

Ketua LPM UIN Bandung, Ija Suntana, menyatakan bahwa dengan mendapatkan akreditasi internasional dari FIBAA, UIN Bandung menunjukkan kemampuannya dalam memenuhi standar internasional dalam memberikan pendidikan tinggi. “Diharapkan dapat membuka pintu untuk peluang kolaborasi dan pertukaran ilmiah dengan lembaga-lembaga internasional lainnya,” pungkasnya.

About the Author

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

You may also like these

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x